9 Cara Menghilangkan Rasa Malas Ini Buat Harimu Lebih Semangat

Pengertian malas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan tidak mau bekerja atau tidak mau mengerjakan sesuatu. Tentunya malas menjadi masalah yang pasti dihadapi oleh setiap orang, walau terkadang kita sudah membiasakan rajin akan tetapi ada saatnya dimana kita merasakan malas.

Tentunya kita tidak mau terus-menerus di hinggapi rasa malas, oleh karena itu sangat penting mencari cara menghilangkan rasa malas tersebut agar kita lebih semangat menjalani aktivitas sehari-hari. karena sejatinya rasa malas hanya akan menimbulkan kerugian.

Berikut beberapa cara menghilangkan rasa malas yang bisa membuat hari-hari sobat lebih semangat


Rasa malas belajar adalah rasa malas yang sering dialami oleh kebanyakan orang.  Rasa malas dalam belajar membuat seseorang tersebut mengalami perlambatan dalam perkembangan potensi serta akademisnya atau bahkan dapat menjadikan seseorang tidak berkembang sama sekali.

Jika sobat adalah seorang muslim mungkin pernah merasakan malas ketika ingin mengerjakan sholat. Seperti yang sobat ketahui, rasa malas mengerjakan sholat bukanlah hal yang sepele. Di dalam islam sholat merupakan bagian dari rukun yang harus sobat penuhi apabila sobat seorang muslim. 

Yang tak kalah penting, jangan sampai sobat memelihara malas bangun di pagi hari. Rasa malas bangun pagi yang berlebih-lebihan akan membuat hari-hari sobat jauh dari kesuksesan dan seakan hidup sobat rasanya seperti suram."Ngeri bukan?"

Karena malas bangun pagi dapat membuat sobat sering terlambat masuk sekolah atau terlambat masuk kerja. Dan itu akan berpengaruh kepada Personal Branding sobat (Citra Diri). Apabila sobat sudah terkenal sebagai orang yang sering terlambat tentunya ketika sobat menjalin kerjasama dengan orang lain ataupun sobat melamar kerja di perusahaan bukankah hal itu akan menjadi angka merah pada diri sobat.

Berikut beberapa cara menghilangkan rasa malas yang bisa membuat hari-hari sobat lebih semangat



1. Aturlah Hidupmu Lebih Rapi


Mengatur hidup lebih rapi adalah Cara Menghilangkan Rasa Malas


Seorang yang kurang bisa mengatur ruangannya dan meripakan barang-barang cenderung memiliki sifat malas. Mengerjakan tugas secara asal dan melakukan tugas secara sporadis bukanlah pilihan yang baik.

Catatan catatan yang kurang rapi yang menghiasi buku kita akan membuat kita malas membacanya, begitu pula jadwal kegiatan kita sehari-hari apabila kurang rapi maka kita akan cenderung malas melakukannya.

Atur aktivitas sobat sedari sekarang, rencanakan kegiatan sebelum sobat kerjakan. Jika perlu sobat bisa menuliskannya secara detail  jadwal sobat selama sehari penuh.

Jika sobat enggan menuliskanya di buku, sobat bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi mobile untuk mengatur jadwal sobat yang sudah banyak tersedia.

Tuliskan maksimal 7 tugas yang akan sobat prioritas untuk sobat kerjakan. Batasi 7 tugas saja agar sobat lebih mudah mengingatnya.

Biasakan merapikan barang-barang yang menurut sobat tidak rapi untuk dilihat. Pengaturan hidup yang lebih rapi disertai komitmen akan membantu sobat menghilangkan rasa malas.

2.  Menunda sama dengan "TIDAK"


berhenti menunda merupakan  Cara Menghilangkan Rasa Malas


Seringkali kita gagal melaksanakan sesuatu yang sudah kita rencanakan disebabkan karena kita banyak menunda pekerjaan tersebut. Ganti kosa kata "nanti" sobat dengan kata "lakukan sekarang" saat sobat ingin menunda pekerjaan.

Ketika semakin menunda sesuatu pekerjaan maka rasa malas sobat akan semakin besar. Oleh karena itu paksa diri sobat untuk melakukan pekerjaan tersebut saat itu juga. Menyelesaikan tugas kita satu persatu akan terasa lebih ringan dibanding menyelesaikan  semuanya dalam waktu yang bersamaan.

3. Motivasi Dirimu


Motivasi diri adalah Cara Menghilangkan Rasa Malas


Pandai-pandailah sobat memberikan motivasi pada diri sobat ketika rasa malas ingin muncul. Jika diperlukan sobat dapat memotivasi diri sobat setiap hari dengan kalimat-kalimat postif. Variasikan kalimat-kalimat positif yang sobat baca atau sobat ucapkan setiap hari agar tidak mudah bosan.

Sangat disarankan bagi sobat ingin menghilangkan rasa malas agar memiliki guru spritual atau orang yang bisa memberikan motivasi positif kepada sobat semisal motivator. Berkumpulah dengan orang-orang yang memiliki aura positif dan selalu bersemangat sehingga sobat akan terus terpacu semangatnya walaupun saat itu semangat sobat sedang turun.

Berjalananlah bersama mereka yang memiliki cita-cita mulai serta visi besar dalam hidupnya. Dengan demikian sobat akan didominasi oleh pengaruh positif dari idealisme orang-orang di sekitar sobat.

Memberikan motivasi kepada diri dapat dilakukan juga dengan mandi pagi hari saat waktu libur. kenapa? Karena diri kita cendurung karena alasan libur kita jadi bermalas-malasan. Padahal banyak hal yang lebih bermanfaat dibandingkan kita duduk diam di depan TV atau berbaring seharian di atas kasur.

Mandi pagi akan membuat tubuh sobat lebih segar dan wangi sehingga sobat lebih rileks dan bersemangat melakukan aktivitas di hari libur maupun di hari biasa.


4. Sesuaikan Kemampuanmu


menentukan target merupakan  Cara Menghilangkan Rasa Malas


Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sobat harus mampu me-maping atau memetakan kemampuan sobat, mengukur berapa lama waktu yang sobat butuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjan. Mengukur kemampun sobat melakukan sesuatu akan membuat sobat tidak berlarut larut dalam pekerjaan tersebut, sehingga tidak mudah merasakan jenuh dan kemudian malas untuk melanjutkannya.

Memasang target dalam suatu pekerjaan juga mampu membuat sobat lebih bersemangat mengerjakan aktivitas tersebut dan terhindar dari rasa malas. Nikmati target yang sobat rencanakan, agaplah target yang sobat tetapkan tersebut sebagai tantangan utuk sobat menyelesaikannya.

5. Berikan penghargaan kepada dirimu


memberikan penghargaan kepada diri kita adalah Cara Menghilangkan Rasa Malas


Stimulus semangat sobat utuk menghindari rasa malas dengan memberikan penghargaan kepada diri sobat sendiri. Sobat dapat memberikan penghargaan kepada diri sobat dengan kalimat-kalimat positif yang membuat hati sobat senang mendengarknya, sobat bisa memberikan berupa kalimat ucapan selamat  ataupun doa agar bisa menjadi lebih baik lagi ketika sobat berhasil menjalankan aktivitas tanpa rasa malas.

Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan kemudahan yang diberikanNya kepada sobat sehingga dapat melakukan pekerjaan tanpa rasa malas. Pandai-pandailah bersyukur sobat agar pencapaian kita terus bertambah.


6. Bangun Suksesmu dengan bangun pagi


bangun lebih pagi adalah Cara Menghilangkan Rasa Malas


Pernah dengar kalimat, "bangun kesiangan rejeki dipatok ayam?" kalimat tersebut merupakan sebuah ungkapan saja agar membuat seseorang bersemangat bangun pagi sekaligus sindiran.

Ayam bisa dijadikan motivasi karena mereka bangun lebih pagi ketika mata kita masih berbalut hangatnya selimut. Ayam jago berkokok sekitar jam 3 - 4 pagi. Kemudian ayam betina mengajak anak-anak mereka untuk keluar kandang dan mengais rejeki.

Bangun lebih pagi akan membuat badan sobat lebih segar dan bersemangat. Dengan catatan sobat menjaga kualitas tidur sobat agar tidak tidur terlalu larut malam sehingga paginya mengantuk. Bangun lebih pagi akan membuat kita lebih rapi mempersiapkan segala aktivitas kita dan tidak tergesa-gesa. Sehingga kita akan lebih santai menjalani aktivitas kita,


7. Istirahat yang berkualitas




Istirahat yang berkualitas sangat penting untuk menunjang produktifitas harian sobat. kualitas istirahat yang baik mempengaruhi kualitas hidup sobat. berusahalah menata istirahat sobat agar teratur.

Apabila sobat merasa lelah ketika beraktivitas terutama pada malam hari maka jangan sobat paksa diri sobat melebihi kemampuan sobat. Hal itu akan membuat sobat lelah sehingga sobat akan cendurung bermalas-malasan setelahnya.

Istirahat yang berkualitas bukan berarti banyak  berleha-leha. Istirahatpun perlu mentarget waktunya agar tidak keblabasan. Optimalkan waktu istirahat sobat untuk beristirahat, begitu juga dengan beraktivitas, optimalkan waktu beraktivitas sobat untuk beraktivitas


8. Perhatikan makan dan minummu


memilih makanan adalah bagian dari Cara Menghilangkan Rasa Malas


Jangan sampai sobat sampai merasa kekenyangan ketika makan, selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, kekenyangan juga menyebabkan seseorang malas bergerak atau diam tidak melakukan apa-apa

Terlalu banyak makan juga akan membuat tubuh kita bekerja ekstra untuk mencerna makanan yang kita makan. Sehingga kita akan mudah merasa lelah karena di sebabkan energi kita habis terkuras untuk proses pencernaan makanan di dalam tubuh.


9. Berolahraga


berolahraga adalah bagian dari Cara Menghilangkan Rasa Malas


Dengan berolahraga secara rutin akan membuat badan sobat lebih sehat karena darah akan terpacu ke seluruh tubuh sehingga tubuh akan lebih mudah melakukan proses metabolisme.

Selain itu olahraga sangat bermanfaat bagi yang ingin mendapatkan semangatnya kembali ketika rasa malas datang. Gerakan-gerakan sederhana dalam berolahlaga yang sobat lakukan di pagi hari akan membuat adrenalin sobat terpacu sehingga sobat akan menjadi lebih semangat menjalani aktivitas.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Cara Menghilangkan Rasa Malas Ini Buat Harimu Lebih Semangat"

Post a Comment