10 Cara Sederhana Mendapat Tidur Berkualitas

Kekurangan jam tidur dapat menyebabkan pengaruh yang buruk bagi kesehatan salah satunya adalah menurunnya daya tahan tubuh. 0leh karena itu mendapatkan jam tidur yang cukup di malam hari sangat penting untuk kesehatan yang akan berpengaruh pada prodkutifitas kita sehari-hari.


pria memberikan cara mengatasi ngantuk

Menurut para ahli di bidang kesehatan jika seseorang tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. merasa jenuh, dan masalah berat badan merupakan beberapa dampak buruk kekurangan tidur.

Bahkan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jatung juga bisa disebabkan karena kurangnya waktu tidur.

Seringkali karena alasan pekerjaan yang harus di selesaikan, disibukan bermain game, di sibukan dengan media sosial dan lain lain, seseorang mengenyampingkan porsi jam tidurnya. Padahal rata-rata orang mengetahui betapa pentingnya tidur cukup itu.

Berikut beberapa cara sederhana  Mendapat Tidur Berkualitas


1. Buatlah tubuh dan pikiran anda santai sebelum tidur


ampuh cara mengatasi ngantuk


Usahakan anda mengehentikan semua kegiatan anda tigapuluh menit sebelum tidur
sudahi semua aktivitas yang sedang anda lakukan terutama kegiatan yang menguras tenaga serta pikiran. Agar otot-otot tubuh anda dan pikiran anda akan jauh lebih tenag sebelum tidur

2. Matikan semua perangkat gadget anda sebelum tidur 


matikan gadget agar tidur berkwalitas

Diantara banyaknya pengaruh buruk gadget pada kehidupan sehari-hari seseorang, gadget juga memiliki pengaruh negatif terhadap tidur seseorang.

Keinginan bermain dengan gadget secara terus menurus dapat mengganggu kualitas tidur anda sehingga sangat disarankan untuk mematikan gadget.

Menurut sebuah penelitian, perangkat elektronik yang bercahaya yang memancarkan radiasi optik dapat menurunkan hormon melatonin.

Penggunaan gadget dengan layar LED yang mengeluarkan cahaya biru dapat menghambat produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin dibutuhkan tubuh agar bisa mengantuk. Kacaunya jam tidur disebabkan karena rusaknya jam biologis tubuh. terganngunya reproduksi hormon melatonin membuat jam biologis tubuh rusak.

3. Matikan Televisi


hidari tv untuk bisa tidur berkualitas


Seperti yang kita ketahui hormon melatonin merupakan hormon yang bertugas memberikan rasa kantuk. Sebagaimana gadget, pacaran cahaya yang dihasilkan oleh layar televisi juga dapat menurunkan reproduksi hormon melatonin.

Banyak orang menganggap bahwa dengan melihat televisi atau mendengarkan musik membuat seseoraang mudah tidur, faktanya melihat televisi sebelum tidur ataupun mendengarkan musik mengakibatkan buruknya kualitas tidur seseorang.

Sehingga yang terjadi ketika sesorang malamnya tidur dalam keadaan televisi menyala didepannya cenderung merasa lelah setelah bangun tidur. Seolah-olah tidak merasakan tidur malah semakin capek dan sumpek

Hal itu terjadi karena ketika sesesorang tertidur dalam keadaan demikan, otak orang tersebut masih terus bekerja memproses informasi yang masuk melalui pancaran cahaya menembus kelopak mata dan memproses informasi dari suara yang didengar melalui telinga.

Jika tidur di depan televisi dan tidur dalam keadaan mendengarkan musik berlangsung terus-menerus setiap malam maka hal itu akan menjauhkan seseorang dari tidur yang berkualitas. karena ketika dia tidur hanya tubuhnya saja yang tidur tetapi otaknya terus bekerja sepanjang malam.


4. Buatlah tempat tidur nyaman


buatlah nyaman agar tempat tidur agar tidur berkualitas


Sebelum anda tidur jangan lupa membersihkan dan merapikan tempat tidur anda. karena rapinya tempat tidur anda akan memengaruhi suasana hati anda.

Pastikan anda melakukan perawatan rutin tempat tidur anda, mulai dari kasur guling spray dll. Sebaiknya anda menjemurnya secara rutin dan mencuci sparay anda secara rutin. Anda juga bisa menyemprotkan wewangian ke kasur anda agar tidur anda jauh lebih nyaman.


5. Tidur dalam keadaan gelap


tidur dalam gelap agar tempat tidur  berkualitas


Dapatkan kualitas tidur yang baik dengan tidur ditempat yang gelap. Dengan mematikan lampu ketika anda tidur sangat membantu anda untuk bisa tidur lebih cepat di malam hari.

Sementara tidur dalam keadaan lampu menyala dapat meningkatkan resiko kanker, kardiovaskular, gangguan sistem metabolisme dan diabetes.

Hasil penelitian dari Texas University mengemukakan "Sekali anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit saja. Otak segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun."


6. Berwudhu

berwudhu agar tempat tidur  berkualitas


Pada siang hari aktivitas yang kita lakukan sangat berat dan melelahkan. Berwudhu sebelum tidur bermanfaat untuk merilekskan otot sebelum tidur.

Berwudhu sebelum tidur merupakan anjuran agama islam, Yang merupakan sunnah nabi muhammad shalallahualaihiwasalam yang dapat menjadikan tubuh kita segar.

Secara psikologis, seseorang yang melakukan wudhu sebelum tidur dapat menjadikan tubuhnya nampak rileks, badan terasa segar, suasana hati menjadi lebih baik serta yang terpenting bagian yang terkena wudhu akan menjadi lebih bersih.


7. Konsentrasi untuk tidur

fokus agar tempat tidur  berkualitas


Konsentrasikan pikiran anda untuk tidur, sangat penting melupakan semua masalah ketika anda ingin tidur. fokuskan lah pikiran anda untuk beristirahat,

Hindari hal-hal yang membuat pikiran anda kacau dan sumpek seperti berhutang atau masalah-masalah yang meresahkan pikiran anda. Hal itu sangat membantu kita mendapatkan tidur yang nyaman.

8. Gunakan kasur yang baik

pilih kasur agar tempat tidur  berkualitas


Kasur yang sudah tidak layak pakai seperti kasur yang sudah kempis kurang baik untuk tidur dan dapat membuat sulit tidur.

Jika kasur tidak sesuai dengan postur tubuh anda semisal terlalu kecil atau terlalu empuk maka disarankan untuk anda menggantinya. Agar tidur anda lebih nyaman dan dapat tidur cepat setiap hari.

9. Olahraga rutin

olahraga teratur agar tempat tidur  berkualitas


Disarankan bagi anda untuk melakukan olahraga rutin setiap pagi selama kurang lebih 20-30 menit.

Selain menyehatkan tubuh dan pikiran serta mendorong kita untuk menjalani pola hidup yang lebih baik, olahraga juga dapat membantu kita mempercepat tidur di malam hari dan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Olahraga juga dapat meredakan stres dan mambangkitkan suasana hati yang positif. jika tidak dapat melakukan olahraga di pagi hari anda dapat melakukan olahraga di sore hari.

Olahraga di sore hari dapat meningkatkan temperatur tubuh bebrpa jam sebelum tidur . sehingga anda bersiap ingin tidur temperatur anda tubuh akan mualai menurun.

Proses penurunan suhu tubuh akan mebuat anda mudah mengantuk sehingga anda akan mudah tidur nyenyak.

10. Hindari makan berat sebelum tidur

hindari makan berat sebelum tidur agar tempat tidur  berkualitas


Proses tidur anda akan terganngu ketika perut anda dalam keadaan perut penuh. selain itu tidur dalam keadaan perut penuh juga tidak baik untuk kesehatan.

Usahakan ketika anda maka, berikan jarak dengan tidur anda kurang lebih 90 menit. aturlah pola makan anda dengan baik, tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan akan membuat tidur anda berkualitas

Selain itu, Komsumsilah banyak makanan yang mengandung kalsium seperti pisang, alpukat, kacang almont, bayam dll. Sebagian masalah insomnia terjadi karena sesorang kekurangan kalsium dalam tubuhnya.



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "10 Cara Sederhana Mendapat Tidur Berkualitas"

  1. bermanfaat sekali nih cara sederhana mendapat tidur berkualitasnya. semangat terus ya buat artikelnya

    ReplyDelete