12 Cara Menumbuhkan Kepedulian

Mencoba Membangun kepedulian terhadap sesama itu berarti mencoba Mengembangkan Cara Pandang Agar lebih berempati. rasa empati yang dimiliki orang lain merupakan salah satu sikap yang amat terpuji dan amat berharga.

Membangun jiwa kepedulian sama halnya dengan membangun kepekaan terhadap perasaan orang lain serta mempertimbangkan dampak dari tindakan kita terhadap orang lain sehingga kita dapat menentukan sikap ketika dalam suasana tertentu.

Kepedulian juga mampu menumbuhkan karakter-karakter positif dalam diri

kepedulian terhadap orang lain juga akan membuahkan banyak hal baik. Orang yang memiliki kepedulian terhadap sesama akan berusaha tidak egois dalam kepentingannya serta lebih mudah menghargai orang lain dalam kehidupannya.

Kepedulian juga mampu menumbuhkan karakter-karakter positif dalam diri seseorang seperti. Murah hati, Sopan dan berusaha selalu berbaik hati kepada orang lain.

Berikut 12 cara menumbuhkan kepedulian terhadap orang lain



1. Membangun kepekaan terhadap perasaan orang lain


Menyempatkan diri untuk memikirkan perasaan orang lain akan membuat seseorang lebih terarah dalam memiliki kepedulian. Jika seseorang dapat menilai suasana hati orang lain sedih atau orang lain kecewa dan memikirkan cara mengatasinya, biasanya dia adalah orang yang memiliki Kepedulian.

Perhatikanlah perasaan teman-teman anda ketika anda sedang berkumpul di kelas atau sekedar berkumpul bersama kawan-kawan anda ketika menghadapi situasi tertentu.

Orang yang tidak memiliki kepedulian adalah orang-orang yang tidak mampu merasakan bahwa orang-orang di sekitarnya merasakan kecewa bahkan jika penyebabnya dia sekalipun dia tidak dapat merasakannya. Suasana hati seseorang dapat kita rasakan dari melihat cara orang lain menanggapi suatu komentar atau sebuah gagasan.


2. Berfikir sebelum bertindak


Apabila suatu saat anda ingin melakukan sesuatu maka perhatikanlah dampak apa yang anda lakukan terhadap orang lain. jika suatu saat anda meminta teman anda membersihkan kelas atau meminta batuan dengan hal lainnya atau anda tidak membalas pesan whatsApp teman anda, bertanyalah pada diri anda sendiri apakah yang anda lakukan akan mendapat tanggapan baik. jika tidak maka anda harus berupaya mempertimbangkan tindakan anda tersebut kemudian mengubahnya menjadi lebih baik agar dapat diterima oleh orang lain.

Dapat diterima orang lain bukan berarti orang lain harus setuju dengan apa yang anda lakukan. Terkadang anda harus memiliki prinsip dan melakukan apa yang anda yakini itu benar. Berilah pengertian serta pemahaman sikap anda kepada orang lain dengan kelembutan. Tetapi jika perilaku anda hanya ingin mementingkan diri sendiri serta bersikap kasar dan tidak menyenangkan maka anda harus mempertimbangkan untuk melakukan perubahan.

3. Menentukan sikap


Membangun hubungan yang sehat dan positif dengan orang lain merupakan kecenderungan dari tujuan kepedulian. Seringkali ketika seseorang mendapat masalah dengan orang lain mereka cenderung menyelesaikan masalah tersebut dengan berdebat. Jika hal tersebut anda alami, maka jika anda ingin tetap memiliki kepedulian dengan seseorang yang memiliki masalah dengan anda, sebaiknya anda mengambil sikap untuk menjaga jarak dan berusaha menjaga hubungan yang sehat dan positif dari pada terus-terusan dalam perdebatan.

Jika suatu saat anda memiliki masalah dengan orang lain maka tanyakanlah kepada diri anda apakah dengan berdebat lebih bermanfaat dan dapat menyelesaikan masalah, atau hanya sekedar meluapkan amarah anda dan memupuk kebencian jika demikian maka lebih baik tinggalkan perdebatan. Peduli pada orang lain berarti mau sungguh-sungguh mendengarkan masalah mereka

4. Meghargai orang lain


Dengan menghargai orang lain maka cara tersebut akan cara tersebut akan membuat pola pikir anda menjadi lebih baik dan  memperbesar kepedulian anda pada orang-orang disekitar anda.

Berusahalah berterimakasih atas kebaikan-kebaikan seseorang kepada anda. Entah kebaikan keluarga anda, sahabat anda, orang-orang yang anda cintai atau setiap orang yang membuat hidup anda jauh lebih baik. Jangan terfokus hanya kepada keburukan-keburukan yang anda dapatkan dari mereka, akan tetapi fokuslah pada kebaikan-kebaikan mereka kepada anda agar pikiran anda selalu positif.

Buatlah orang-orang di sekitar anda mengerti bahwa kehadiran mereka dalam kehidupan anda sangat berarti bagi anda. Buatlah mereka mengerti dengan ucapan-ucapan terimakasih karena mereka telah membantu anda ketika anda dalam kesulitan, ucapkanlah terima kasih karena mereka telah berbuat baik kepada anda dan membuat anda kagum.

Kartu ucapan terimakasih memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Ketika kartu tersebut diterima oleh seseorang maka orang tersebut akan merasa diperlakukan istimewa.

5. Buang rasa ego


Setiap orang bisa untuk selalu berusaha agar  tidak terlalu egois dalam menjalani kehidupan sehari-hari, meskipun sulit untuk tidak mementingkan diri sendiri. Apabila anda berusaha memikirkan perasaan orang lain dan tidak hanya berfikir tentang diri anda sendiri maka anda akan dapat mengurangi rasa  egois dalam diri anda. Kepedulian dengan sepenuh hati kepada orang lain dapat diraih dengan menjadikan diri kita semakin sadar untuk tidak lagi bersikap egois.

6. Berikan perhatian.


Cara pandang dengan selalu memberikan perhatian merupakan ciri rasa yang dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kepedulian dalam kehidupan mereka. Mereka memiliki kepekaan serta perhatian yang penuh terhadap orang yang mereka ajak bicara.

Sesuatu yang dapat menjadikan diri anda menjadi orang yang penuh perhatian andalah dengan memperhatikan ekspresi wajah, bahasa tubuh serta gerakan tangan orang-orang yang anda ajak bicara agar dapat mengetahui suasana hati mereka.

7. Sopan dengan siapapun


Anda akan diperlakukan orang-orang di sekitar anda dengan penuh rasa hormat dengan anda berperilaku sopan. berperilaku sopan juga sangat erat kaitannya dengan kepedulian, semakin anda sopan maka anda akan menjadi orang yang akan semakin peduli.

bersikap sopan dapat anda lakukan dengan berbagai macam hal, bisa dengan selalu membudayakan tegur sapa, selalu tersenyum ketika berjumpa dengan orang lain, bertanya kabar orang lain dan tidak mencampuri urusan orang lain.

Dengan siapapun anda dan dimanapun anda berusahalah selalu bersikap sopan. Anda tidak harus berbicara dengan cara resmi dengan mereka akan tetapi yang perlu anda lakukan adalah mempertimbangkan perasaan orang lain ketika anda berbuat sesuatu dan yang paling penting membuat seseorang nyaman ketika bersama anda.


8. Menebar kasih sayang


Berikanlah selalu rasa kasih sayang kepada orang-orang yang anda cintai serta anda perhatikan. berusahalah memberikan rasa kasih sayang kepada siapapun untuk menunjukan bahwa anda peduli kepada mereka.

Berikanlah senyum yang hangat ketika anda berjabat tangan dengan kawan anda. Dan berikanlah pelukan yang penuh kasih sayang kepada anak-anak anda atau kepada orang-orang yang anda cintai.

Terkadang tindakan jauh memiliki pengaruh dibandingkan dengan kata-kata. akan tetapi mengungkapkan bahwa anda peduli dengan seseorang yang anda cintai, seringkali lebih memiliki pengaruh dibandingkan anda memeluknya.


9. Dengarkan orang lain


Menyediakan waktu untuk mendengarkan orang lain merupakan salah satu ciri orang yang memiliki kepedulian. mereka lebih tertarik kepada apa yang orang lain katakan dibandingkan mereka membicarakan diri mereka sendiri. Hindari menyela pembicaraan dan lakukanlah kontak mata dengan orang yang berbicara dengan anda serta hiraukan kontak telpon dan hal-hal yang bisa mengganggu lainnya.

Berusahalah mengerti pikiran dan perasaan seseorang ketika ia berbicara dengan memperhatikan wajah dan bahasa tubuh bukan sekedar memperhatikan kata-katanya saja. Dan berikanlah tanggapan ketika yang berbicara telah selesai.

Jika orang telah selesai berbicara hindari membandingkan pengalannya dengan pengalaman anda dengan anda mengatakan, "Saya benar-benar mengetahui apa yang anda rasakan." Jangan membuat pembahasan berfokus kepada anda tapi lihatlah dari sudut pandang kepentingan orang ini.

Jika anda tetap mengingat ucapan seseorang yang penting walaupun telah selesai melakukan pembicaraan maka anda telah memberikan perhatian khusus terhadap orang tersebut.

Anda tidak perlu mengatakan "Oh atau hmm" yang berlebihan akan tetapi lebih baik anda mempertahankan kontak mata.

10. Bermurah hatilah


Diantara hal yang dapat menjadikan diri anda sebagai pribadi yang peduli adalah dengan anda memberikan waktu atau uang untuk membantu orang lain.

Sesibuk apapun anda, anda harus meluangkan sedikit waktu untuk membantu orang lain. Anda harus berusaha selalu berbagi dengan orang lain walaupun sedikit yang dapat anda bagikan, anda tidak boleh egois dengan apa yang anda miliki.

Berusahalah selalu memberi dalam artian tanpa melupakan diri andan serta keluarga dan orang-orang terdekat anda hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih memiliki kepedulian


11. Sebagaimana anda ingin diperlakukan maka perlakukanlah orang lain demikian


Kalimat yang sering kita dengar akan tetapi jarang sekali orang yang mempratekannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berperilaku ramah kepada orang lain serta selalu memikirkan perasaan mereka ketika anda berada di posisi mereka akan membuat diri anda lebih peduli.

Mungkin bisa jadi anda tidak begitu peduli dengan komentar anda terhadap orang lain, akan tetapi pikirkanlah perasaan orang lain ketika mendapat komentar dari anda.

Anda akan mengalami perubahan besar dalam hidup ini ketika anda berusaha menempatkan diri anda berada di posisi orang lain sehingga anda mampu memahami perasaan orang tersebut.


12. Berusaha berbaik hati


Membuat orang lain tidak terganggu dengan kita serta menghormati orang lain adalah bagian dari pada berbaik hati. tidak mengganggu orang lain dengan tidak berbicara keras saat menelpon di dalam bisa yang penuh dengan orang dan sesak. Perhatikanlah orang lain dengan demikian anda kan dihormati dan merasa nyaman dalam kehidupan.

Bertanya kepada orang lain apakah mereka baik-baik saja dengan apa yang kita lakukan adalah bentuk dari berbaik hati. selain itu menyampaikan ketidak senangan terhadap sikap atau ucapan orang lain di waktu yang tepat merupakan bentuk dari berbuat baik.

Bentuk perbuatan baik orang yang memiliki kepedulian tidak terbatas. Bantulah orang-orang yang membutuhkan bantuan, Tanyakan kepada orang lain tentang kehidupan mereka, Mintalah maaf jika memang harus, Lakukan kebaikan untuk orang lain, Semangat dalam Berbagi, Lakukan kontak dengan orang-orang di kehidupan anda, Ingatlah secara detil tentang kehidupan orang lain, Jadilah anda sukarelawan. Berbagai hal tersebut jika anda lakukan akan memupuk rasa kepedulian anda.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk " 12 Cara Menumbuhkan Kepedulian"