10 Cara Cerdas Agar Belajar Lebih Efektif

RMenurut orang Indonesia yang bernama Thursan Hakim: belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.

cara cerdas agar belajar lebih efektif

Pengertian belajar dapat didefinisikan sebagai proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Untuk mendapat hasil belajar yang maksimal sangat diperlukan metode belajar yang efektif, agar kesempatan belajar yang kita dapatkan dapat membuahkan hasil yang baik dan tidak sia-sia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar pelajar sangat gemar menggunakan metode belajar SKS (sistem kebut semalam). Yang mana ketika besok pagi adalah waktu ujian mereka belajar mengulang pelajarandalam satu malam dan hingga larut malam. Metode SKS (sistem kebut semalam) sangat tidak efektif apabila terus di pertahankan, karena ketika pelajar tidur larut malam demi mengejar target pelajaran, di pagi hari kita akan menahan rasa ngantuk yang pada akhirnya konsentrasi kita saat mengerjakan soal ujian berkurang.

Berikut 10 cara cerdas agar belajar lebih efektif


1. Memahami bukan sekedar menghafal


Memahami hal-hal baru merupakan fungsi utama kita dalam belajar. Mengerti dengan sebenar-benarnya sesuatu yang kita hafal itu jauh lebih penting dari pada banyaknya hafalan tapi tidak tahu maksudnya. Pahamilah terlebih dahulu secara garis besar sesuatu yang hendak kita hafal maka kita akan lebih mudah menghafalkannya serta dapat mempratekan hafalan kita.

2. Rajin membaca


Minimal baca dua kali materi baru dalam sehari supaya kita lebih mudah paham . Yaitu ketika sebelum dan sesudah diterangkan oleh guru. Jadi minimal kita mendapatkan tiga kali pengulangan materi yaitu sebelum di terangkan guru, saat diterangkan guru dan sesudah diterangkan guru. Cara tersebut akan memudahkan kita untuk paham dan lebih lama hafalannya.


3. Catat pokok-pokok pelajaran


Ambil intisari atau kesimpulan dari sebuah materi setiap pelajaran yang sudah kita baca ulang, dan mulailah meninggalkan catatan-catatan yang terlalu panjang. Ketika ujian maka kesimpulan-kesimpulan yang telah kita catat tadi akan mudah kita ingat.


4. Menghafalkan kata kunci


Materi pelajaran yang sangat banyak terkadang mau tidak mau harus kita hafalkan. untuk mensiasatinya kita bisa membuat kata-kata kunci dari setiap materi yang kita hafalkan.

5. Memilih waktu belajar yang tepat


Pada saat badan masih segar adalah waktu belajar yang paling enak. Tentang masalah waktu tidak semua orang memiliki selera waktu belajar yang sama. Biasanya kebanyakan orang memilih waktu pagi sebagai waktu yang produktif dan efektif untuk belajar. Pagi hari juga merupakan waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh.


6. Membangun suasana belajar yang nyaman


Membuat suasana belajar menjadi nyaman dapat dilakukan dengan berbagai macam hal. Bisa dengan mendengakan suara kicauan burung atau memilih tempat yang sunyi seperti perpustakaan. Jika kita merasa bosan belajar di kamar kita bisa belajar di luar rumah seperti di taman. Yang terpenting kuncinya adalah kita tidak terganggu dan orang lain tidak terganggu dengan aktivitas belajar kita.


7. Membuat kelompok belajar


Kita bisa belajar bersama-sama dengan teman apabila kita merasa bosan belajar sendiri. Usahakan jika ingin membuat kelompok belajar batasi maksimal lima orang saja karena jika terlalu banyak akan membuat suasana belajar tidak efektif. gilir teman-tema kita untuk menerangkan materi yang sudah kita bagikan sebelumnya dan sudah mereka kuasai. Suasana belajar yang demikian tidak akan membuat kita ngantuk saat belajar karena selain seru juga menyenangkan.


8.  Melatih kemampuan diri


Otak kita dapat dilatih kemampuannya. kerjakanlah soal-soal yang terletak pada setiap akhir bab pelajaran tanpa menunggu perintah dari guru. periksa sejauh mana kemampuan kita dalam memahami bab yang kita pelajari dengan menjawab soal latihan tersebut. Bertanyalah kepada guru kita apabila materi yang di tanyakan tidak ada pada bab yang kita pelajari.


9. Mengembangkan materi yang sudah kita pelajari


Jangan langsung tutup buku kita apabila sudah selesai membaca materi dan telah selesai mengerjakan soal latihan. Buatlah soal pertanyaan yang belum ada dalam materi ataupun soal latihan sebagaimana para ilmuan yang berfikir kritis. Mintalah guru kita untuk menjawab pertanyaan tersebut. jika kurang puas kita bisa menanyakannya pada Google. Cara tersebut akan melatih kemampuan kritis kita serta kemampuan berfikir ke depan.


10. Menyediakan waktu untuk beristirahat


Gunakan setiap waktu luang untuk melemaskan tubuh dan pikiran. Jangan paksakan diri ketika pikiran kita sudah suntuk. Sediakan waktu luang khusus untuk beristirahat sejenak ketika dirumah. Setelah istirahat biasanya tubuh akan fit dan bugar sehingga peredaran darah di otak lancar dan akan memudahkan kita dalam belajar.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Cara Cerdas Agar Belajar Lebih Efektif"

Post a Comment