7 Cara Menghilangkan Rasa Jenuh yang Bikin Hidup Kamu Cerah

Siapa diantara kita yang tidak pernah merasakan rasa jenuh, pastinya rasa tersebut akan sangat mengganggu kita apabila rasa jenuh tersebut hadir ketika kita melakukan kegiatan yang penting.




Tentu kita pasti ingin menghilangkan rasa jenuh itu, saya uncapkan selamat bagi anda karena anda akan mendapatkan solusi dari rasa jenuh dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Atau anda bisa membagikan solusi-solusi menghilangkan rasa jenuh di artikel ini kepada sahabat-sahabat anda yang anda sayangi.

Kenali rasa jenuh ketahui cara menghilangkan jenuh

Mengenal rasa jenuh



Cara Menghilangkan rasa jenuh

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) rasa jenuh atau rasa bosan di devinisikan "sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak".

Rasa jenuh dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Umumnya orang merasa jenuh ketika bangun tidur atau ketika merasa lelah. Selain waktu umumnya sesorang mudah merasa jenuh karena lingkungan yang kurang nyaman.

Rasa jenuh dapat menghigapi siapa saja, bukan jaminan usia lebih tua maka terbebas dari rasa jenuh. Tua muda, kaya miskin, atasan bawahan, semua sangat mungkin terjangkiti rasa jenuh. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap orang mengetahui penyebab rasa jenuh.

 

Ketahui penyebabnya


Kegiatan yang "Stagnan"

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh


Dari pengertian Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) diatas bisa diambil kesimpulan bahwa rasa bosan hadir pada seseorang dikarenkan orang tersebut melakukan kegiatan yang bersifat stagnan atau itu-itu saja.

Akan tetapi kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang tidak kemudian menjadi penyebab mutlak hadirnya rasa jenuh.

Pengaruh suasana hati

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Rasa jenuh juga dapat hadir karena situasi pikiran. Suasana hati yang yang kurang nyaman seringkali membuat sesorang mudah marah.

Bahkan rasa jenuh dapat meledakan amarah seseorang apabila rasa jenuh itu bercampur dengan suasana hati yang di penuhi dengan kebencian. Rasa jenuh juga dapat hadir karena seseorang berlarut-larut dalam kesedihan dan kegundahan.

Adanya rasa tidak suka


Cara Menghilangkan rasa jenuh 
Tidak sukanya seseorang dengan suatu kegiatan maka akan membuatnya mudah bosan.

Suasana lingkungan yang kurang nyaman

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Suasana lingkungan yang kurang nyaman dapat menyebabkan seseorang merasa jenuh. karena suasana lingkungan mempengaruhi suasana hati. Lingkungan yang nyaman membuat hati nyaman, lingkungan yang kurang nyaman membuat hati kurang nyaman pula.

Mudah marah

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh


Seorang yang memiliki sifat mudah marah, lebih cendurung cepat meraskan jenuh. Oleh karena itu sangat penting melatih kemampuan mengendalikan marah.

Nganggur

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Apabila seseorang hanya diam tidak melakukan apa-apa maka sangat mungkin meraskan kejenuhan. Seseorang di dapati dalam keadaan nganggur biasanya saat menunggu sesuatu.

Nganggur juga akan sering dijumpai sesorang apabila keliru dalam memanajen waktunya. Kemampuan mengatur waktu sesorang akan meminimalisasi rasa jenuh yang dia alami.

Mudah mengeluh

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Terlalu sering mengeluh hanya akan membuahkan rasa jenuh. sementara sebaliknya apabila sesesorang sering bersyukur makan dia akan jauh dari rasa jenuh.

Ada banyak cara mengatasi kejenuhan, yang paling terpenting adalah anda harus mengenali diri anda sendiri, sehingga anda mengerti dengan cara apakah anda mengusir kejenuhan anda ketikakejenuhan tersebut datang.

Berikut beberapa solusi yang dapat anda terapakan untuk menghilangkan kejenuhan anda


1. Cobalah kegiatan yang lebih bervariatif

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

seperti yang sering kita jumpai, kegiatan yang stagnan kerap kali berbuah kejenuhan, oleh karena itu membuat kegiatan sehari-hari kita lebih variatif adalah salah satu solusi. Cobalah selingi kegiatan rutinitas anda dengan kegiatan yang sederhana dan menyenangkan.

Apabila anda seorang muslim, anda dapat membaca Alqur'an di tengah-tengah waktu luang pekerjaan anda yang menjenuhkan. Anda juga bisa mengisinya dengan waktu dengan dzikir-dzikir ringan, tahlil, tasbih, takbir, atau sholawat.

Anda juga dapat menyelingi rutinitas anda dengan berbincang santai dengan teman kerja. Atau anda bisa menelpon ibu anda atau isteri anda dirumah. tentunya semua itu dilakukan di luar jam produktif kerja.

2. Bangun suasana hati yang sejuk

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Suasana hati yang sejuk dapat hadir dari pikiran yang positif yang dihiasi rasa syukur akan kehidupan kita. Berusahalah mensyukuri nikmatNya sekecil apapun yang diberikan kepadamu sehingga kamu tak mampu menghitung pemberian Sang Maha Kuasa.

Syukuri apa yang kita miliki, jangan terlarut dalam angan-angan dengan sesuatu yang belum kita miliki atau apa yang telah bukan lagi menjadi milik kita. "Nrimo" atau sikap menerima segala pemberian adalah cara terbaik membuat suasana hati agar tetap sejuk.

3. Cintai apa yang anda lakukan

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Melakukan hal yang tidak kita sukai akan terasa sangat lama, ingin cepat selesai dan terasa menjenuhkan. sebaliknya, Melakukan hal yang kita cintai akan terasa singkat karena kita menikmatinya.

cinta hadir karena kita melihat keidahan atau sesuatu yang kita senangi ada pada yang kita cintai.

Bila rutinitas anda termasuk yang kurang anda sukai, dan agar dapat menghilangkan rasa jenuh, anda harus mengalihkan pikiran anda dengan memikirkan hal-hal positif yang akan anda dapatkan ketika melakukan kegiatan tersebut.

Cobalah anda lihat sisi-sisi positif yang akan anda dapatkan dari rutinitas anda. dan fokuslah pada sisi-sisi positif tersebut, cara demikian akan membuat anda menjauh dari rasa jenuh.

4. Rapikan tempat kerja atau tempat anda beraktivitas 

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Tempat yang kotor cenderung membuat orang merasa kurang nyaman sehinga  menimbulkan suasana hati yang kurang sejuk. merapikan meja kerja merupakan kegiatan sederhana yang berdampak baik bagi suasana hati.

Selain merapikan meja, anda dapat membuat ruangan tempat anda beraktivitas terasa lebih luas dan terang.

5. Atur waktu anda

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Melamun menyebabkan sesorang lebih cenderung berfikir negatif sehingga menyebabkan suasana hati kurang sejuk. Melamun biasanya terjadi karena waktu luang yang tidak termanajemen dengan baik.

Cobalah atur waktu anda agar setiap menitnya bermanfaat, kurangi aktivitas yang kurang memberikan manfaat nyata. Perkirakan kemungkinan waktu luang dan siasatilah dengan mengisinya dengan hal-hal yang menyenangkan.

Seperti saat anda menunggu antrian atau menunggu seseorang, anda bisa mengisi waktu anda dengan mendengarkan musik penyemangat atau membaca buku atau melakukan kebaikan yang lain sesuai kondisi anda saat itu.

6. Berhentilah Mengeluh

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Hal yang sring tidak kita sadari, Banyak mengeluh menyebabkan kita mudah merasakan kejenuhan. ingatlah orang yang paling bahagia adalah orang yang aling banyak bersyukur. sementara orang yang paling bahagia adalah orang yang paling banyak mengeluh.

Berhentilah mengeluh, seberat apapun masalah kehidupan atau pekerjaan anda tetaplah optimis. yakinlah bahwa Yang Maha Kuasa tidak menakdirkan sesuatu kepada kita kecuali kita mampu memikulnya. Oleh karenanya tetaplah bersabar

7. Perbaiki hubungan anda dengan Yang Maha Kuasa

 

Cara Menghilangkan rasa jenuh

Penuhi hati anda dengan suasana rohani kedekatkan kepada Sang Maha Kuasa. Bisa jadi kejenuhan anda di sebabkan karena jauhnya anda dari Sang Pengatur Kehidupan. Perbaiki arah tujuan hidup anda agar anda menjadi manusia yang tidak mudah merasa jenuh dengan setiap masalah dalam kehidupan anda.

Sebab kedekatan anda kepada Tuhan, menyebabkan anda akan lebih mudah pasrah atau tawakal kepadaNya. Sehingga anda seolah tak memiliki beban karena anda yakin kehendak Yang Maha Kuasa adalah yang terbaik.

Rahasia Kebahagiaan yang banyak orang tidak mengetahuinya


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Menghilangkan Rasa Jenuh yang Bikin Hidup Kamu Cerah"

Post a Comment