4 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Sholat Tarawih

Shalat tarawih merupakan salah satu amalan spesial di bulan ramadhan selain berpuasa. Terlebih lagi beberapa diantara umat islam yang tadinya sebelum bulan puasa jarang menunaikan sholat malam, mereka tergerak untuk mengikuti sholat malam di bulan ramadhan atau sering kita dengar dengan istilah shalat tarawih.

Ketika shalat tarawih sebagian orang seringkali dihinggapi rasa kantuk, bahkan mungkin saking beratnya rasa kantuk yang menyerang seseorang ketika melaksanakan shalat tarawih menjadikan mereka tertidur saat shalat atau kehilangan kendali pada tubuh.


Tentu bukan perkara yang nikmat ketika sholat dalam keadaan terkantuk-kantuk. Sholat dalam keadaan terkantuk-kantuk juga dapat mengurangi nilai ibadah kita karena terganggunya kekhuyuk'an.
oleh karenanya penting untuk kita bersungguh-sungguh untuk mengalahkan rasa kantuk kita.

Rasa kantuk sejatinya memiliki nilai positif dalam hidup kita. Rasa kantuk yang tiba-tiba datang, kadangkala memberikan tanda atau sebagai sinyal bahwa sudah saatnya kita beristirahat. Dengan rasa kantuk tersebut kita bisa tertidur sehingga tubuh kita beristirahat setelah lelah bekerja dan memulihkan tenaga untuk kita gunakan beraktifitas lagi.

Rasa kantuk yang datang pada saat yang tidak tepat menjadi masalah tersendiri untuk kita. Seperti ngantuk saat shalat tarawih. lalu bagaima cara mengatasi rasa ngantuk saat sholat tarawih

Kenali Penyebabnya

Rasa ngantuk dapat terjadi karena beberapa sebab. Rasa ngantuk yang terpuji adalah rasa ngantuk yang datang saat kita benar-benar membutuhkan istirahat. Sementara rasa ngantuk yang datang ketika kita melakukan kegiatan produktif adalah rasa ngantuk yang tidak kita inginkan.

Rasa ngantuk yang datang pada saat yang tidak tepat dapat disebabkan karena kelelahanya tubuh karena aktifitas yang berat, bisa disebabkan juga karena penyakit seperti darah rendah, bisa juga karena kekenyangan. faktor-faktor tersebut dapat mengahambat aliran oksigen ke otak kita sehingga menimbulkan rasa ngantuk.

4 Tips Ampuh Agar Tidak Ngantuk Saat Shalat Tarawih


1. Niat dan Tekad


Ngantuk saat shalat tarawih bisa terjadi karena kurangnya  niat dan tekad seorang dalam melaksanakan sholat tarawih. Sehingga ia akan merakan kejenuhan dan mudah sekali untuk mengantuk. Oleh karena hal yang utama yang harus kita tanamankan dalam diri kita sebelum melaksanakan shalat tarawih adalah dengan menghadirkan niat serta tekad.

Niat dan Tekad akan hadir dalam kita apabila kita memahami apa yang sedang kita lakukan. Dengan mengetahui faedah atau keutamaan shalat tarawih akan menjadikan kita lebih bersemangat untuk melaksanakannya. Sehingga hadirlah niat dan tekad kita

2. Berdoa kepada Alloh dari godaan setan


Pernah dikabarkan dalam suatu hadis, di situ dijelaskan bahwa rasa ngantuk yang diberika Alloh ketika kondisi perang adalah karunia yang datang dariNya, sementara rasa ngantuk yang datang ketika sholat adalah dari setan.

Cobalah untuk sering melafalkan taawud (Doa berlindung dari setan) ketika melaksanakan sholat. Karena ngantuk yang kita alami bisa jadi karena datang dari setan.

3. Berwudhu di pergantian sholat tarawih


Agar lebih menjaga diri kita tetap konsentrasi ketika sholat, hendaknya kita mengambil air wudhu ketika ngantuk tersebut datang di sela-sela pergantian sholat. Dengan demikian kita akan menjadi lebih segar dan dapat melawan rasa kantuk.

4. Istirahat Cukup dan sederhanakan dalam berbukan


Manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin agar tubuh kita tidak mudah lelah. apabila dimalam hari maka jika tidak ada keperluan usahakan tidur lebih awal agar esoknya tidak mengantuk. Apabila di siang hari merasa kelelahan dengan aktifitas kita maka usahakan untuk istirahat sejenak agar malam hari bisa fokus sholat tarawih.  

Makan terlalau banyak kerika berbuka puasa adalah penyebab yang paling banyak untuk mereka yang mengalami ngantuk saat shalat tarawih. oleh karenanya jika memang tidak ingin mengantuk maka sederhankanlah di didalam berbuka puasa agar perut kita tidak penuh dengan makanan, sehingga udara lebih leluasa masuk dan oksigen akan tersalurkan ke otak dengan baik.

Demikian  4 cara efektif mengatasi ngantuk ketika shalat tarawih. Yang paling penting dari cara-cara tadi adalah kita sennatiasa bersandar dan memohon pertolongan hanya kepada Alloh agar di mudahkan dalam melaksakan ibadah kepadaNya, Khususnya Sholat tarawih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Sholat Tarawih"

Post a Comment